5 Destinasi Wisata Sejarah di Solo, Ada Pura Mangkunegaran
Tempat Bersejarah Pura Mangkunegaran di Solo (IST/NET)

SOLO, NGAGAYA.ID, – 5 Destinasi Wisata Sejarah di Solo, Ada Pura Mangkunegaran. Bicara mengenai destinasi wisata di Solo, mungkin tidak seterkenal wisata-wisata yang ada di daerah lain di Jawa Tengah seperti Semarang dan Yogyakarta.

Namun bukan berarti kota Solo tidak mempunyai keindahan alam serta destinasi wisata yang menarik untuk Kamu kunjungi.

Jika ingin pergi ke Jawa Tengah memang destinasi paling utama yang dipilih para wisatawan yaitu Yogyakarta. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan destinasi wisata yang ada di kota Solo yang wajib serta patut Kamu kunjungi. Keindahan alam serta budaya kota Solo juga tidak akan mengecewakan Kamu.

Masih bingung mau liburan kemana saat berada di Kota Solo? Yuk simak dibawah ini kami punya beberapa referensi tempat wisata di Solo yang dapat Kamu kunjungi.

5 Destinasi Wisata Sejarah di Solo

1) Taman Sriwedari

Tempat ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Kota Solo. Taman Sriwedari merupakan komplek dari pertamanan yang lokasinya berada di daerah Laweyan. Taman ini sudah ada sesjak era kepemimpinan Pakubuwana X. Tahukah Kamu pada tahun 1948, Taman Sriwedari pernah dipakai untuk lokasi penyelenggaraan PON.

Kamu juga bisa menemukan Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) yang digunakan sebagai arena untuk pertunjukan wayang orang. Taman Sriwedari sudah menjadi pusat hiburan, budaya, serta seni masyarakat Solo dan sekitarnya. Kamu bisa berkunjung mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam dengan tiketnya tergolong murah hanya sekitar Rp5.000 per orang.

2) Tugu Lilin

Tempat wisata di Solo berikutnya adalah Tugu Lilin. Tempat ini sangat cocok untuk tempat bersantai di sore hari. Tugu ini didirikan untuk memperingati 25 tahun kelahiran Boedi Oetomo yang berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional Kota Solo. Keunikan tugu yang berbentuk lilin tesebut yang jadi penyebab disebut Tugu Lilin. Tugu lilin memiliki makna menggambarkan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang selalu menyala untuk merebut kemerdekaan.

Tugu Lilin sangat cocok untuk dijadikan latar berfoto Kamu yang senang atau menyukai fotografi. Selain suasana yang nyaman serta pemandangan alam sekitar yang menyegarkan, Kamu juga bisa sekalian mempelajari sejarah serta mengingat jasa-jasa perjuangan pahlawan kita jaman dahulu. Dekat Tugu Lilin ada banyak wisata kuliner yang wajib Kamu cicipi yang terkenal enak dan lezat.

3) Pasar Klewer

Selanjutnya wisata belanja di Solo yang menjadi favorit para wisatawan adalah Pasar Klewer. Kamu bisa membeli berbagai macam kain atau batik dengan berbagai motif dan corak dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang harganya jutaan. Pasar Klewer ini bahkan menjual berbagai batik baik buatan lokal maupun produk mancanegara.

Pasar yang satu ini ditempati oleh kurang lebih 2.000 pedagang. Namun para pedagang tidak hanya menjual batik saja, namun menjual barang-barang lain. Ada juga tukang jahit yang siap membantu Kamu membuat pakaian sesuai dengan selera.

4) Pura Mangkunegaran merupakan salah satu dari 5 Destinasi Wisata Sejarah di Solo

Tempat wisata di Solo berikutnya yakni Pura Mangkunegaran. Istana ini dibangun dengan sangat megah dan juga indah untuk kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Perlu Kamu ketahui tempat ini berhasil menjadi pusat kebudayaan dan seni kota Solo. Ada banyak ragam koleksi dalam istana ini dari peninggalan dari kerajaan Mataram serta Majapahit.

Saat masuk ke kawasan Pura Mangkunegaran, Kamu bisa melihat halaman luas dengan bangunan bergaya Eropa. Di dalam Pura terdapat Pendopo dengan sitektur Eropa – Jawa yang lengkap, bahkan ada juga gamelan. Jika memungkinkan sebaiknya pengunjung datang ke Pura Mangkunegaran di hari Rabu, karena pada hari itu selalu rutin diselenggarakan pameran gamelan.

5) Pasar Triwindu Solo

Bagi Kamu yang ingin mencari pernak-pernik atau aneka ragam barang seni, maka sangat pas untuk datang ke Pasar Triwindu. Pasar ini biasa juga disebut dengan Pasar Antik Triwindu. Pasar ini dibangun sejak 1939 sebagai peringatan 24 tahun masa pemerintahan Mangkunegara VII. Kamu bisa menemukan aneka patung, perabot rumah tangga, telepon tua, cangkir, mesin tik, serta banyak barang antik lainnya disini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here