gagal mendidik anak

Saat anak menginjak usia remaja dalam mendidiknya harus diperhatikan, apakah sudah benar atau belum. Setiap cara orang tua yang digunakan dalam mendidik anaknya berbeda-beda dan itu menimbulkan kepribadian yang beragam sifat anak didalam masyarakat. Namun cara yang digunakan orangtua terkadang ada yang salah dan itu menimbulkan pola yang gagal mendidik anak.

Mengatur Anak Sesuai Keinginan Orang Tua

Seringkali dalam masyarakat menemukan orang tua yang sangat ekstra menyetir kehidupan dalam mendidik anaknya, padahal jadwal yang dilalui anak padat dan menyebabkan anak kerepotan dalam menjalaninya, belum tentu apa yang dianjurkan oleh orang tua itu sesuai keinginan anak. Terkadang hal ini menyebabkan anak kesal kepada orang tuanya inilah salah satu sebab gagal mendidik anak.

Selalu Menuntut Anak Mendapatkan Nilai Bagus

Sebab gagal mendidik anak yang kedua adalah penuntutan orang tua terhadap proses belajar anak. Memang benar peran orang tua sangat penting terhadap proses belajar anak. Tetapi dalam penuntutan nilai bagus terahadap anak akan menimbulkan anak tertekan. Sebenarnya dalam akademik yang benar dalam mendidik anak adalah proses belajarnya bukan dalam hasil nilai.

Sering Mengeluarkan Kata-Kata Kasar

Orang tua adalah teladan dan sebagai cermin pantulan dalam membentuk kepribadian anak. Maka dari itu orang tua haruslah berusaha dan menjaga sikap dalam mendidik anaknya contohnya tidak berkata kasar. Terkadang maksud tujuan orang tua menggunakan kata kasar adalah untuk mendidik anaknya agar dapat berubah, namun terkadang dapat menimbulkan efek kekesalan dari sisi anak.

Memarahi Anak Didepan Umum

Perilaku orang tua yang sering memarahi anaknya haruslah diperhatikan, seperti halnya didepan umum. Karena terkadang anak memliki kesadaran malu bila dihadapan umum, hingga dalam jangka panjang anak akan merasa harga dirinya benar-benar kurang dan dianggap lemah. Dalam pandangan temannya yang sering melihatnya akan memancing tindakan bullying pada dirinya.

Membandingkan Anak Dengan Anak Lainnya

Terkadang tanpa disadari orang tua sering melihat anak lainnya yang berperilaku baik dan unggul disbanding dengan anaknya. Hal ini harus dihindari oleh orang tua karena lama kelamaan akan menyebabkan anak sering terimidasi dengan perilaku membandingkan dirinya dengan anak lainnya. Karena terkadang keunggulan anak berbeda dengan anak lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan