Artis Keturunan Pahlawan Nasional, Siapa Sajakah Mereka?

NgaGAYA.ID – Artis keturunan pahlawan nasional, siapa sajakah mereka? Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November, maka Indonesia memperingati jasa pahlawan Nasional yang telah gugur setelah memperjuangkan kemerdekaan.

Pahlawan telah menginspirasi banyak orang. Dan kini dapat ditemukan beberapa artis tanah air yang memiliki keturunan darah pahlawan. Siapa sajakah artis keturunan pahlawan yang bekerja di dunia hiburan televisi!

Artis Keturunan Pahlawan Nasional

Dian Sastrowardoyo

Siapa yang tak kenal artis satu ini. Artis cantik keturunan cucu dari pahlawan pergerakan Indonesia, yakni Prof. Sunario Sastrowardoyo yang lahir di Madiun, 28 Agustus 1902.

Sunario merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia ke-7 serta Menteri Perdagangan ke-12. Kakek Dian telah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Inggris pada tahun 1960 dan Rektor Universitas Diponegoro pada tahun 1963.

Maia Estianty

Musisi cantik yang telah dikarunia tiga anak ini adalah cicit dari salah satu pahlawan, yaitu HOS Cokroaminoto. HOS Cokroaminoto merupakan seorang pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI).

Beliau adalah pahlawan nasional yang dikenal sebagai sosok yang selalu mengajarkan akhlak baik pada keluarganya, sehingga menginspirasi Maia untuk melakukan hal serupa.

Dewi Yull

Artis yang memiliki bakat menyanyi ini juga sebagai keturunan pahlawan nasional yang merupakan cicit dari pahlawan R.M Tirto Adhisoerjo.

R.M Tirto Adhisoerjo merupakan tokoh Pers Nasional dan tokoh kebangkitan nasional yang telah berjuang mendirikan surat kabar “Medan Prijaji” pada tahun 1907 silam.

Surat kabar dari pahlawan nasional tersebut dijadikan alat propaganda maupun pembentuk pendapat umum.

Setiawan Djody

Selain Maia Estiany, musisi lainnya yang merupakan artis keturunan pahlawan nasional yakni Setiawan Djody. Dia merupakan cucu dari pahlawan Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan salah seorang penggagas organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche (STOVIA) di Jakarta.

Beliau dikenal dengan sosok pahlawan yang sangat akrab dengan rakyatnya.

Ricky Harun

Siapa yang tak kenal dengan aktor ganteng Ricky Harun. Ternyata Ricky juga memiliki garis keturunan pahlawan, yaitu Ir Soekarno atau Presiden pertama Indonesia.

Ricky merupakan anak dari pasangan Donna Harun dan Hendra Rahtomo.

Karina Salim

Merupakan artis dari cicit Pahlawan Nasional yaitu H. Agus Salim. Artis cantik penari ini memiliki darah keturunan seorang pahlawan.

H. Agus Salom adalah sosok pahlawan mantan Menteri Luar Negeri pada zaman Presiden RI, Soekarno.

Keturunan Pahlawan

Nia Dinata

Nia Dinata adalah seorang yang berprofesi sebagai sutradara dan produser juga memiliki darah pahlawan nasional dari Raden Otto Iskandar Dinata.

Raden Otto Iskandar Dinata dikenal dengan sebutan si jalak Harupat. Dia adalah anggota BPUPKI dan PPKI pada awal kemerdekaan Indonesia. Beliau menjabat menteri negara di daerah kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Setelah mengetahui nama-nama artis keturunan pahlawan nasional, adakah idola Anda juga termasuk dalam keturunan pahlawan? Siapapun pahlawannya, bangsa Indonesia patut menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here