anak punya bakat terpendam

Setiap anak yang dilahirkan pasti memiliki kemampuan masing-masing dan berbeda dengan anak yanga lainnya. Terkadang orangtua dapat melihat kecendrungan bakat anaknya dari  aktivitas anaknya sehari-hari. Namun bila bakat anak tidak dikenali bisa mengakibatkan terpendamnya bakat tersebut. Maka dari itu penting bagi orangtua untuk mengenali anak punya bakat terpendam caranya sebagai berikut.

Membiarkan Anak Mencari Apa Yang Diinginkan

Bakat terpendam yang dimiliki masing-masing anak berbeda-beda terkadang apa yang diarahkan orangtua pada anaknya tidak selalu sesuai dengan kemampuan anak. Maka dari itu bila anak berhenti pada suatu hal dan tertarik pada yang lainnya biarkan saja. Sebagai orangtua tugasnya memberikan fasilitas dan stimulasi yang tepat, agar bakat berkembang dengan sendirinya.

Mengenalkan Anak Pada Berbagai Kegiatan

Persepsi orangtua sebaiknya jangan terlalu memberi penekanan kepada anak. Seperti halnya jika orangtua mengharapkan olahraga bola basket, anak mungkin suka sepak bola atau tenis bahkan malah tidak tertarik pada bidang olahraga. Oleh karena itu menjadi tugas bagi orangtua untuk mengenalkan berbagai kegiatan, agar dapat menyadari bahwa anak punya bakat terpendam.

Tertarik Pada Dunia

Secara pribadi pemikiran anak umumnya selalu bertanya-tanya pada apa yang belum dimengerti dan hal yang menarik untuknya. Jadi, orangtua haruslah menjadi pendengar yang baik pada anaknya untuk mengenali ketertarikan yang akan mengarahkan anak punya bakat terpendam. Menerima pertanyaan anaknya dan berusaha menjawab adalah sikap sebaiknya orangtua yang perhatian.

Mendorong Semangat Anak

Kata-kata nasehat dan petuah yang diberikan oleh orangtua biasanya menjadi stimulasi yang cocok untuk mendukung impian anak. Disisi arti lain mengajarkan anak untuk mengejar impiannya dengan mendukung memberi arahan yang cocok dan tepat, adalah suatu bentuk sikap orangtua dalam mengembangkan bakat terpendam anaknya.

Memperhatikan Daya Kemampuan Anak

Dalam suatu kegiatan atau aktivitas tertentu, anak biasanya menemukan bakat terpendamnya melalui  daya kemampuan menyerap yang bagus. Oleh sebab itu menjadi tugas orangtua memperhatikan setiap perkembangannya dan bila  menemukan suatu masalah pada proses perjalanan anak, sudah  menjadi peran orangtua untuk menyuport dan memberi perhatian kepadanya.

Loading...

Tinggalkan Balasan