Candi Prambanan dan Borobudur Layak Jadi Venue Pertunjukan Musik Dunia

JAKARTA, NGAGAYA.ID, – Candi Prambanan dan Borobudur Layak Jadi Venue Pertunjukan Musik Dunia. Tempat pertunjukan musik di Tanah Air masih sangat minim. Bisa dikatakan, Indonesia tak punya tempat pertunjukan khusus untuk menggelar konser musik serta acara seni budaya.

Padahal, sejumlah musisi Tanah Air serta internasional kerap menggelar konser musik setiap tahunnya.

Candi Prambanan dan Borobudur Layak Menjadi Pusat Konser Musik Kelas Dunia

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi, berpendapat, sebenarnya ada lokasi yang memungkinkan untuk dijadikan tempat pergelaran konser kelas bertaraf dunia.

Ia menyebut amphitheater yang berada di Candi Prambanan serta Candi Borobudur.

“Selain memiliki view yang sangat bagus, kedua candi tersebut merupakan mahakarya leluhur kita yang sudah diakui sebagai situs warisan dunia,” ungkap Anas Syahrul melalui keterangan tertulis kepada Ngagaya.ID , Kamis (12/12/2019).

Untuk bisa mewujudkannya, Anas mengungkapkan bahwa perlu adanya keberanian dari pemerintah, khususnya dari tiga kementerian terkait.

Ketiganya yakni Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anas menilai, ketiga kementerian itu dipimpin oleh menteri berjiwa muda dengan visi yang sangat jauh.

“Ketiganya merupakan menteri yang visioner. Jadi sudah saatnya untuk menghadirkan venue terbaik di dunia di Candi Prambanan serta Candi Borobudur,” ungkapnya.

Untuk membangun lokasi konser bertaraf internasional, Anas mengusulkan agar ditempatkan di zona dua. Menurut dia, tempat tersebut aman bila menghadirkan berbagai pergelaran musik dari beragam genre.

“Memang perlu ada kajian yang lebih komprehensif,” tuturnya.

Bila terwujud, Anas memprediksi bahwa nantinya akan dapat menggeliatkan roda ekonomi lokal maupun nasional.

Keyakinan anas itu lahir karena sejumlah musisi terbaik dunia sudah menjadi magnet buat datangnya wisatawan domestik mau pun mancanegara ke Borobudur maupun Prambanan.

Anas menyebutkan daftar musisi internasional yang pernah datang yakni Kenny G, Sarah Brightman, Diana Krall, Calum Scott, Briant McKnight, Mariah Carey, hingga Yanni.

“Kekaguman mereka semua tentunya akan menjadi strategi yang baik dalam upaya mempromosikan Indonesia di pentas internasional,” pungkasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here