cara memasak nasi

Terkadang masyarakat Indonesia belum makan nasi tidak akan kenyang sehingga menjadi makanan pokok yang harus tersedia. Alternatif untuk membuat nasi sudah banyak beredar seperti menggunakan rice cooker. Tetapi jika hasil masih belum memuaskan berikut cara memasak nasi agar terasa lebih lezat dan nikmat:

Bilas

Melakukan pembilasan pada beras yang akan di masak merupakan cara memasak nasi paling penting. Cucilah beras dengan air sampai bersih yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran. Mencuci lebih baik 6 kali agar zat yang tekandung dalam beras tersebut tidak terbuang oleh air bilasan. 

Setelah di bilas usahakan air untuk memasak nasi merupakan air yang sudah matang sehingga bisa mencega perut sakit.

Jangan di aduk

Mendorong butiran beras jangan sampai di aduk. Anda bisa mencoba untuk menganti dengan nasi yang mentah atau setengah mentah menggunakan garpu.

Proses Memasak nasi

Nasi yang sempurna di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu takaran air saat memasak yang mempengaruhi penguapan. Jenis beras bisa mengubah tekstur dan rasa beras tergantung dati tipe beras, temperature yang di pengaruhi oleh banyaknya penguapan karena panasnya proses memasak , serta panci dan penutupnya.

Saat memasak Anda juga bisa menambahkan santan untuk membuat nasi yang lebih creamy. Selain itu, Jangan membuka nasi sebelum matang. Melakukan buka tutup pada rice cooker bisa menghambat proses pematangan makanan.

Diamkan Dan Lakukan Finishing

Saat nasi di dalam rice cooker atau dandang sudah matang diamkan kira – kira 10 sampai dengan 15 menit agar air meresap sempurna ke dalam nasi. Anda bisa menambahkan sedikit kaldu ayam atau sapi saat proses memasak agar nasi memiliki rasa yang lebih lezat. Tambahkan juga daun salam agar rasa lebih enak dan wangi. Setelah semua proses siap Anda bisa mengadung nasi sampai rata agar.

Anda bisa mencoba tips cara memasak nasi  di atas untuk hasil rasa yang berbeda dan lebih enak. Kaldu yang di berikan saat memasak akan membuat nasi menjadi pulen dan nikmat. Tambahkan potongan daging atau sayur sehingga adanya bau yang lebih menggoda saat sudah matang.

Loading...

Tinggalkan Balasan