gua alam di Bogor

Bogor merupakan daerah wisata yang terkenal dengan kawasan puncaknya. Di sana ada banyak hotel, villa, dan tempat wisata menarik seperti Kebun raya Cibodas, Taman Safari Indonesia, Telaga Warna , dan Taman Bunga Nusantara. Selain itu, Bogor juga memiliki banyak air terjun, seperti Curug Bidadari, Curug Luhur, dan Curug Lontar. Namun ternyata bogor juga memiliki keindahan alam lain, yaitu berupa gua alam. Berikut ini daftar gua alam di bogor yang menarik untuk dikunjungi.

Gua Godawang

Gua Godawang terletak di Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gua alam ini memiliki aliran sungai di dalamnya. Di sana juga ada sumur mata air yang bisa diminum secara langsung. Di dalam gua Godawang ada banyak gua-gua kecil, jumlahnya sekitar 12 gua. Ada banyak stalagtit dan stalagmite yang indah di dalam gua ini. Selain itu, fasilitas untuk makan dan minum juga di sediakan di gua ini.

Gua Agung Garunggang

Gua Agung Garunggang merupakan gua alam di Bogor yang sangat cantik, asri, dan masih sangat alami. Gua ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Anda harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi gua ini. Perjalanan ke sana akan sangat menyenangkan karena Anda akan melewati pemandangan yang hijau dan luas.

Gua Asem

Gua Asem terletak di Desa Leuwikaret, Kabupaten Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Gua ini ini sering dikunjungi oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala). Untuk masuk ke dalam gua ini, Anda harus menggunakan setuas tali untuk menuruni mulut gua yang kedalamannya mencapai 20 meter di bawah tanah. Anda akan merasakan sensasi kegelapan perut bumi di gua ini.

Gua Pengantin

Gua Pengantin terletak di tepi sungai Cisadane di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai lokasi gua Anda bisa menelusuri sungai Cisadane menggunakan rakit. Di dalam gua ini terdapat ribuan kelelawar. Selain itu, ada juga air terjun di dalam gua yang disebut sumur terbalik karena air datang dari bagian atas gua.

Gua Kapur

Gua Kapur terletak di Desa Klapanunggal, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Gua ini merupakan bekas galian tambang batu kapur untuk pembuatan semen. Bahkan di tempat ini rencananya akan dibangun pabrik semen yang akhirnya gagal karena ada penolakan dari masyarakat dan mahasiswa pencinta alam.

Itulah daftar gua alam di Bogor yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Loading...

Tinggalkan Balasan