makanan kaya nutrisi

Tubuh manusia memerlukan sistem imun yang mampu menjaga dari berbagai gangguan ataupun resiko lain yang bisa mempengaruhi anggota tubuh lainnya. Menkonsumsi makanan kaya nutrisi merupakan salah syarat yang harus dilakukan agar tubuh mendapatkan sistem imun (kekebalan). Berikut adalah beberapa daftar makanan yang kaya akan nutrisi yang harus dikonsumi.

Jeruk

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, kedua sifat tersebut memiliki manfaat yaitu mampu menigkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik, yaitu dengan cara menigktkan sel darah putih atau leukosit. Selain jeruk, vitamin C juga terdapat pada lemon dan limau, keduanya merupakan bagian dari keluarga jeruk.

Jambu Biji

Jambu biji atau psidium guajava merupakan makanan kaya nutrisi yang memiliki banyak kandungan seperti folat, potasium, vitamin K, vitamin E dan vitamin C. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan serta memperbaiki sistem kekebalan pada tubuh (sistem imun). Selain itu, buah yang berasal dari Brazil ini juga memiliki kandungan protein sebesar 0,90 gram.

Pisang

Buah yang kaya akan kandungan antioksida, mangan, potasium dan vitamin B6 ini mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Selain kaya akan berbagai nutrisi tersebut, pisang juga kaya akan berbagai manfaat, seperti daun pisang, bisa digunakan sebagai pembungkus makanan, pelepah pisang bisa didaur ulang untuk menjadi sebuah kreasi kerajinan tangan.

Kelapa

Suhu cuaca yang kian meningkat menyebabkan turunnya sistem imun pada tubuh. Untuk mengembalikan sistem kekebalan tersebut, minum air kelapa dan memakan dagingnya merupakan alternatif yang bisa dilakukan. Kandungan kalium yang terdapat pada buah kelapa menjadikannya termasuk makanan kaya nutrisi yang wajib dikonsumsi, pada musim panas.

Semangka

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menkonsumsi buah semangka juga sangat bermanfaat dalam mengurangi maupun meminimalisir terjadinya gangguan pada saluran pernafasan, radang pernafasan. Kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya menjadikan semangka sangat cocok untuk dikonsumsi pada suhu panas.

Menurunnya sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan oleh meningkatkanya temperatur suhu, terlebih pada  musim panas. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan nutrisi diatas, sistem kekebalan (imun) akan meningkat dengan baik.

Loading...

Tinggalkan Balasan