Makanan untuk depresi

Jika seseorang mengalami depresi atau suasana hati tidak menentu, pola makan sehat dan seimbang sangat penting untuk tubuh karena bisa menyediakan nutrisi lengkap yang dibutuhkan. Makanan untuk depresi terbaik adalah makanan yang bisa meningkatkan kesehatan usus. Di sekitar kita banyak daftar makanan khusus untuk depresi yang bisa Anda coba. Berikut daftar makanannya

Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Depresi berat dikaitan dengan radang pada otak sehingga sayuran hijau menjadi makanan penting karena kandungan vitamin A, C, E dan K yang tinggi serta kandungan mineral dan phytochemical. Radikal bebas yang disebabkan karena depresi juga berkontribusi pada disfungsi organ hingga rusaknya sel pada tubuh.

Antioksidan dengan kandungan beta karoten serta vitamin C dan E menjadi bahan terpenting untuk menangkal radikal bebas tersebut.  Beberapa sayuran warna hijau gelap yang disarankan untuk dikonsumsi adalah asparagus, bayam, brokoli hingga kale.

Kacang Kenari

Kacang kenari bukan hanya terkenal karena kudapan sehatnya saja namun terbukti memelihara ketajaman kognitif karena alpha linolenic didalamnya. Alpa linolenic ini yang sifatnya meningkatkan fungsi otak dan mengelola gejala depresi pada tubuh seseorang.

Selain kandungan omega 3 yang kaya, kenari mengandung selenium yang sangat tinggi. Sejumlah kandungan polifenol didalam kacang kenari juga bisa mencegah hilangnya memori karena depresi berat. Berbagai kandungan tersebut membuat kacang kenari masuk kedalam daftar makanan untuk depresi yang terbaik untuk dikonsumsi.

Alpukat

Alpukat merupakan buah-buahan dengan kandungan lemak sehat yang berfungsi untuk menyehatkan otak dengan sempurna. Tiga perempat kalori pada otak berasal dari lemak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat.

Alpukat juga kaya akan protein dan lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Anda bisa memasukkan alpukat sebagai tambahan makanan untuk mencegah depresi atau mengobati depresi. Anda harus mempertimbangkan porsi alpukat yang dikonsumsi juga.

Banyak daftar makanan untuk depresi lain yang bisa dicoba, mulai dari beri, bawang putih dan bombay, tomat, apel hingga teh dan juga cokelat. Tentukan saja mana yang menurut Anda paling sesuai dengan gaya makanmu. Depresi memang sangat mengganggu, namun dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut Anda bisa terlepas dari depresi.

Loading...

Tinggalkan Balasan