gejala umum penyakit autoimun

Penyakit yang satu ini bisa dibilang aneh karena system kekebalan tubuh manusia menyerang sel sehat pada tubuh. Kejadian ini sama seperti seorang security menyerang bos nya sendiri. Gejala umum penyakit autoimun sebenarnya dapat diamati sendiri tanpa harus cek ke dokter akan tetapi untuk lebih jelasnya harus periksa kedokter.

Kelelahan

Gejala yang pertama adalah mudah lelah ketika baru melakukan aktivitas. Jika seseorang merasa aneh dengan dirinya sendiri, seperti tiba-tiba cepat kelelahan ketika baru melakukan aktivitas padahal sebelumnya tidak. Hal ini bisa jadi gejala penyakit autoimun karena sel-sel tubuh sehat yang diserang oleh system kekebalan tubuhnya sendiri. Cepat periksakan diri Anda jika mengalami hal yang demikian agar tidak berkomplikasi dengan penyakit lain.

Ruam Pada Kulit

Hal lain yang merupakan gejala umum penyakit autoimun adalah kulit seseorang menjadi merah berbintik-bintik kecil. Hal tersebut disebabkan karena system kekebalan tubuh mengeluarkan protein yang menyerang sel kulit sehat dan akibatnya kulit menjadi merah dan beruam dan rasanya gatal gatal.

Jika gejala ini sudah parah pada kulit, maka kulit bisa berubah menjadi luka lebam, bengkak, dan memerah rasanya juga gatal serta panas. Jadi tangani sebelum terlambat. Jika sudah terlambat akan lebih sulit pengobantannya.

Rambut Rontok

Rambut rontok adalah gejala umum penyakit autoimun yang sering terjadi. Walaupun rambut rontok merupakan hal biasa pada manusia. Akan tetapi rambut rontok pada pengidap autoimun bisa sangat parah yaitu bisa mengalami kebotakan karena sel sel pada otak mengalami kerusakan akibat penyerangan dari system kekebalan tubuh yang salah sasaran.

Kesemutan Dan Mati Rasa

Tubuh sering mati rasa atau kesemutan secara tiba-tiba, hal ini juga salah satu tanda atau gejala umum yang dialami. Biasanya orang normal akan merasa kesemutan jika aliran darah terhambat seperti bantangan dengan telapak tangan diwaktu yang lama maka seseorang akan mengalami kesemutan.

Akan tetapi beda lagi dengan orang yang mengidap autoimun. Sekarang ini ada sekitar 80 penyakit yang di golongkan sebagai autoimun dengan gejala yang berbeda-beda.

Loading...

Tinggalkan Balasan