makanan khas Maluku

Maluku terkenal sebagai daerah dengan kuliner yang khas, terutama olahan khas laut, karena hampir sebagian besar wilayah Maluku merupakan daerah kepulauan. Papeda merupakan salah satu makanan khas Maluku berbahan dasar sagu yang disajikan dalam bentuk bubur. Selain papeda, berikut adalah beberapa daftar makanan yang memiliki cita rasa khas nan lezat apabila dinikmati.

Ikan Asar

Ikan Asar merupakan olahan berbahan dasar ikan tuna dan ikan cakalang yang cara  pengolahannya dilakukan dengan cara pengasapan terlebih dahulu. Pemilihan ikan tuna dan ikan cakalang, karena kedua ikan tersebut memiliki tekstur daging yang tahan lama ketika proses pengsapan berlangsung, maupun ketika akan disajikan. Agar lebih nikmat, tambahkan nasi dan sambal colo-colo (khas Maluku).

Ikan Kuah Pala Panda

Maluku dikenal sebagai daerah yang sangat kreatif dalam mengolah maupun berinovasi pada hasil laut, sebagaimana olahan ikan asar. Selain ikan asar, ikan kuah pala panda juga termasuk makanan khas Maluku yang bisa Anda jadikan pilihan apabila berkunjung ke Maluku. Ikan kuah pala panda merupakan olahan yang berasal dari ikan kakap, serta  bumbu atau rempah pilihan.

Gatang Kenari

Gatang Kenari bisa disebut sebagai kuliner khas Maluku dengan harga yang lumayan mahal, untuk satu porsinya dikenai harga 350 ribu. Meskipun memiliki harga yang mahal, namun, sebanding dengan kualitas citarasa dari olahana makanan berbahan dasar kepiting. Kuliner ini bisa Anda nikmati di restoran yang telah memiliki izin dari pemerintah untuk mengolah satwa.

Woku Komo-komo

Meskipun memiliki nama yang cukup unik, woku komo-komo merupakan kudapan makanan khas Maluku yang terbuat dari olahan teras batang rumbia, dengan tambahan bumbu dan rempah pilihan seperti serai, jahe, bawang putih, juga dipadukan dengan bumbu lainnya. Agar lebih nikmat, woku komo-komo biasa disajikan dengan jeroan ikan yang terlebih sudah dimasak.

Beberapa kuliner yang disajikan diatas, merupakan makanan dengan nilai gizi yang cukup tinggi. Terlebih olahan yang berbahan dasar ikan, seperti ikan asar dan ikan kuah pala panda, karena mengandung protein dan bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan