Insomnia merupakan suatu penyakit kesulitan tidur yang berkelanjutan dan tidak merasa cukup dalam beristirahat. Biasanya disebabkan oleh depresi, pola makan yang kurang teratur, kecemasan, ataupun konsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini seringkali menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut obat tidur alami yang bisa diandalkan dalam mengatasi masalah tersebut.

Mendengarkan Instrumental (lullaby)

Salah satu dari kebiasaan yang sering terlupakan adalah dengan mendengarkan instrumental ringan yang menjadikan pengantar tidur, seperti alunan musik piano, akustik gitar, bahkan hanya gabungan dari beberapa nada lembut yang di mix. Lullaby ini bisa menjadi penawar obat tidur alami dalam merelaksasikan sistem jaringan otak kita, dan melemaskan peregangan otot yang lelah.

Berolahraga Sebelum Tidur

Olahraga yang berlebihan seringkali membuat badan kita lelah dan malah menjadi sulit tidur. Namun, olahraga yang efektif seperti Yoga bisa menjadi solusi untuk membantu kita memejamkan mata. Sakit kepala dan stress yang ditumbulkan dari insomnia akan perlahan luntur apabila rutin melakukan Yoga. Lakukanlah minimal selama 5 atau 10 menit dalam sehari.

Menyederhanakan Cara Berfikir

Hal yang sering terlintas dalam benak kita apabila terbangun tengah malam adalah memikirkan hal negatif ataupun hal yang tidak seharusnya dipikirkan malam hari dan dalam cara yang rumit. Otak kita cenderung bekerja lebih keras dalam merespon hal negatif karena adanya sugesti dalam diri, yang mengakibatkan tidur kita tidak pulas dan dapat terganggu.

Jaga Pola Makan Teratur

Biasakan untuk mengatur pola makan, demi memperbaiki gangguan tidur. Konsumsilah makanan yang sehat dan menjauh dari junk food. Makanan yang bergizi berguna untuk mengatur kualitas tidur. Minumlah jus untuk membantu pencernaan tubuh dan untuk meningkatkan waktu tidur. Minumlah secara rutin untuk efektifitas dan efesiensi.

Demikian penawar obat tidur alami yang bisa diaplikasikan oleh Anda yang mengidap gangguan tidur dan seringkali mengantuk ketika melakukan aktivitas penting. Hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus, lho. Harus ada aksi nyata untuk menghentikannya. Jangan sampai banyak dari kegiatan yang Anda lakukan menjadi terbengkalai akibat insomnia.

Loading...

Tinggalkan Balasan