Olahraga Sebelum Sarapan Dapat Membakar Kalori Lebih Banyak

Ngagaya.ID, – Olahraga Sebelum Sarapan Dapat Membakar Kalori Lebih Banyak . Selain menyehatkan, olahraga juga ternyata membantu Anda sembuh dari beberapa tipe penyakit seperti diabetes tipe 2 serta penyakit kardiovaskular.

Penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa waktu yang tepat akan memaksimalkan olahraga Anda. Hal tersebut berkaitan dengan insulin, hormone yang membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

Ketika kita makan, insulin akan bekerja untuk mentransformasikan gula dalam darah pada otot, yang kemudian akan disimpan untuk cadangan energi.

Ketika seseorang tidak cukup olahraga serta menjadi obesitas atau kelebihan berat badan, tubuh mereka harus menciptakan lebih banyak insulin. Dengan kata lain bisa dikatakan tubuh mereka menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Ini merupakan salah satu penyebab mengapa obesitas atau kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, dan penyakit-penyakit kardiovaskular.

Mengutip Science Alert, Selasa (5/11/2019), olahraga meningkatkan respon serta sensitivitas kita terhadap insulin. Oleh karena itu, kita dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Sebuah studi dilakukan terhadap sekelompok orang yang melakukan olahraga selama enam minggu, dengan bersepeda selama kurang lebih 50 menit, tiga kali dalam seminggu.

Dalam satu grup, orang yang mengalami obesitas yaitu melakukkan olahraga sebelum sarapan. Mereka menunjukkan respon insulin yang lebih baik usai melakukan olahraga. Hal tersebut berarti risiko mereka terhadap diabetes tipe 2 berkurang.

Namun, grup lainnya yang berolahraga usai sarapan tidak menunjukkan perkembangan tersebut.

Olahraga Sebelum Sarapan Dapat Membakar Kalori Dua Kali lebih Banyak

Sekelompok orang yang melakukan olahraga sebelum sarapan juga membakar kalori dua kali lebih banyak dibanding mereka yang usai sarapan.

Jangan harap turun berat badan terlalu banyak

Kita kerap salah kaprah terhadap olahraga. Pembakaran kalori serta lemak yang banyak diharapkan akan menurunkan berat badan. Namun rupanya, untuk turun berat badan, faktor terpenting yakni keseimbangan energi.

Ini merupakan jumlah energi yang akan didapatkan dari konsumsi sehari-hari, dibandingkan dengan jumlah energi yang keluar. Sebagian energi keluar lewat olahraga.

Jadi selain melakukan olahraga, jika ingin menurunkan berat badan, Anda juga harus menjaga terhadap pola makan.

Penelitian tentang insulin serta olahraga sebelum sarapan itu juga berlaku untuk olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, serta berenang. Hasilnya akan berbeda bila olahraga yang Anda lakukan yakni angkat beban atau olahraga berat lainnya.***

Loading...

Tinggalkan Balasan