pantangan saat menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap wanita. Dan dimasa-masa inilah wanita sering mengalami perubahan mood dan emosi sebab adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Hal ini biasanya yang membuat wanita merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa pantangan saat menstruasi berikut ini untuk mengatasi dampak negatif dari perubahan hormon pada masa haid.

Malas Mengganti Pembalut

Mengganti pembalut secara berkala merupakan hal yang wajib bagi Anda yang sedang mengalami haid. Karena dengan itu dapat mencegah berkembangbiaknya bakteri dan mencegah bau tidak sedap. Pembalut sebaiknya diganti setip 3-6 jam sekali, atau disesuaikan dengan volume darah yang keluar dan kegiatan Anda. Jika Anda sedang berolahraga disaranakan untuk lebih sering menggantinya.

Berhubungan Seksual

Berhubungan seksual merupakan pantangan saat menstruasi yang wajib Anda hindari. Karena dapat meningkatkan resiko tertularnya penyakit menular seksual seperti HIV. Selain itu, berhubungan seksual ketika masa haid hanya mempunyai peluang kecil untuk hamil, sebab sperma hanya dapat hidup dalam tubuh wanita selama tujuh hari.

Makan Sembarangan

Pada saat haid Anda juga harus memperhatikan apa saja yang Anda konsumsi. Karena pada masa ini wanita lebih suka makan. Sebenarnya hal ini tidak masalah, namun Anda juga harus memperhatikan kandungan kalori dan nutrisinya, untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda selama haid. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Beraktivitas Penuh Tanpa Istirahat   

Salah satu hal yang harus dihindari ketika haid yakni melakukan aktivitas secara terus menerus sampai kurang tidur. Hal ini dapat membuat Anda menjadi sangat lelah juga bisa saja memunculkan rasa nyeri pada otot dan memperparah kram. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang sedang mentruasi untuk mempergunakan waktu Anda sebaik mungkin sehingga, tetap bisa beristirahat cukup.

Itulah beberapa pantangan saat menstruasi yang harus Anda hindari yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda serta menghindarkan dari beberapa penyakit menular yang berbahaya. Oleh sebab itu, jangan melanggar beberapa pantangan yang telah diberikan di atas.

Loading...

Tinggalkan Balasan