Sebelum Oppo Reno, Samsung Punya Galaxy K Zoom
Samsung Galaxy K zoom dan Samsung Galaxy Camera 2 GC200 (Ist/Net)

NgaGAYA.id,- Sebelum Oppo Reno, Samsung Sudah Punya Galaxy K Zoom. Persaingan pada keunggulan kamera ponsel makin lama makin panas. Bukan lagi soal berapa jumlah kamera, namun berapa kemampuan jangkauan zoom suatu ponsel. Seperti Huawei dan Oppo Reno hadir dengan optical zoom.

Berbeda dengan digital zoom, optical zoom menawarkan kualitas foto yang lebih baik. Namun tidaklah mudah dalam pembuatannya.

Sebelum Oppo Reno, Samsung Punya Galaxy K Zoom

Huawei P30 Pro serta Oppo Reno 10x Zoom memberikan mekanisme kamera periskop. Sistem periskop ini memungkinkan untuk membuat lensa telephoto dengan wujud tetap tipis.

Namun ternyata, Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom bukan yang pertama. Ada ponsel milik Samsung yang lebih dulu memiliki kemampuan optical zoom.

Baca : Samsung Galaxy Note 10, Peluncuran dan Spesifikasinya

Ada Samsung Galaxy S4 Zoom yang lebih dulu diluncurkan pada Juli 2013 yang lalu. Ponsel milik Samsung ini memiliki jangkauan zoom 24 mm hingga 240 mm, alias 10x optical zoom.

Menariknya lagi, kamera telepon pintar Samsung Galaxy S4 Zoom ini memakai sensor 16 MP. Tak cukup itu, lensanya memiliki Optical Image Stabilization (OIS).

Ponsel Samsung Galaxy S4 Zoom merupakan pengembangan dari prototipe Samsung Galaxy Camera GC100 yang sudah diperkenalkan sejak November 2012.

Selanjutnya, diikuti dengan hadirnya Samsung Galaxy Camera 2 GC200 pada Januari 2014. Namun perangkat ini bukanlah sebuah ponsel, karena tidak ada koneksi seluler.

Samsung Galaxy K Zoom, Ponsel yang lebih dulu dilengkapi dengan Optical Zoom

Baru pada Juni 2014, hadirlah Samsung Galaxy K zoom yang memiliki koneksi seluler. Kamera ponsel ini mendapatkan update dengan sensor 20,7 MP.

Baca : Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL Akan Dilengkapi RAM 6GB

Sayangnya keluarga ponsel Samsung dengan kamera canggih ini tidak dilanjutkan. Samsung nampaknya mengubur konsep ponsel optical zoom seperti Samsung Galaxy S4 Zoom ini.

Hal ini diduga karena Samsung Galaxy S4 Zoom lebih terlihat seperti kamera poket pada umumnya. Dengan body tebal dan lensa zoom yang menyembul panjang.

Kala itu lebih banyak yang menyebut kalau Samsung Galaxy S4 Zoom merupakan kamera poket yang ditanamkan sistem operasi Android serta koneksi seluler.

Meski begitu Samsung Galaxy S4 Zoom ini dianggap revolusioner pada zamannya. Optical Zoom yang jauh serta kualitas foto di atas rata-rata kamera ponsel saat itu. ***

Tinggalkan Balasan