Tipe Bekas Jerawat Yang Harus Anda Kenali

Tekstur dan warna kulit yang berubah di sekitar wajah berjerawat umumnya  bertahan meskipun jerawat sudah lama hilang atau sembuh. Ini disebabkan karena rusaknya bagian dinding folikel yang mengakibatkan radang jerawat. Proses penyembuhannya, kulit berusaha membentuk serat kolagen baru untuk menutupi bekas jerawat tersebut. Ada banyak tipe bekas jerawat yang perlu Anda kenali, berikut ulasannya

Ice Pick Scar

Ini adalah jenis bekas jerawat yang sangat susah ditangani dibanding tipe lainnya. Sesuai namanya, bekas jerawatnya mempunyai bentuk yang serupa dengan lubang yang dibuat dengan pemecah es. Ice pick scar tergolong menjadi bekas jerawat yang dalam bahkan smapai lapisan dermis. Untuk menyamarkan tipe ini membutuhkan penanganan khusus seperti laser treatment hingga cangkok kulit.

Boxed Scar

Jika Anda mengalami bekas jerawat meradang, kemungkinan besar boxed scar yang Anda alami. Bekas jerawat ini tidak terlalu dalam namun ukurannya melebar dan batas bekas jerawat sangat tegas seperti box. Penyebab utama tipe bekas jerawat ini karena rusaknya bagian kolagen serta hilangnya jaringan tisue pada kulit. Anda bisa mengatasinya dengan laser resurfacing dan punch elevation.

Rollingan Scar

Berbeda dengan bekas jerawat sebelumnya yang meninggalkan lubang, rolling scar merupakan bekas jerawat yang membuat bagian tekstur kulit menjadi turun dan naik seperti ombak. Bekas jerawatnya cenderung dangkal dan tidak mempunyai batas luka yang begitu jelas. Bekas jerawatnya muncul setelah radang jerawat dalam waktu yang panjang.

Hypertrophic Scar

Anda pernah mengalami bekas jerawat yang menjadi berwarna gelap dan ada benjolannya? Itu adalah bekas jerawat hyperthrophic scar atau yang akrab disebut dengan keloid. Benjolan tersebut disebabkan karena tubuh memproduksi terlalu banyak sel ketika sedang mengalami perbaikan sel kulit yang rusak karena inflamasi. Cara mengatasinya dengan menggunakan suntukan steroid atau produk retinol topical.

Mengenali tipe bekas jerawat sangat penting agar penanganan yang Anda lakukan bisa terarah dan bisa menghasilkan penanganan yang maksimal. Jerawat dan bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan sehingga tidak heran pengobatannya sangat diperlukan untuk semua orang,

Loading...

Tinggalkan Balasan